holaaa..
kali ini aku mau bagi-bagi materi ajar yang lagi dipelajari di kelas..
cekidot.. :*
MODUL 1
TUJUAN :
1. Memahami lingkungan
terintegrasi untuk pembuatan
objek dan animasi dasar.
2. Memahami
cara pembuatan dan manipulasi objek-objek dasar.
PETUNJUK :
·
Awali setiap aktivitas dengan do’a, semoga berkah
dan mendapat kemudahan.
·
Pahami Tujuan, dasar teori, dan
latihan-latihan praktikum dengan baik dan benar.
·
Kerjakan tugas-tugas dengan baik, sabar, dan
jujur.
·
Tanyakan kepada asisten/dosen apabila ada
hal-hal yang kurang jelas.
|
1.
DASAR
TEORI :
1. Adobe
Flash
Adobe
Flash—sebelumnya bernama
Macromedia Flash dan
berganti nama
setelah
dibeli Adobe—merupakan perangkat
lunak yang cukup
poptler di
bidang
grafik (khususnya animasi).
Flash mampu menghasilkan
beragam
aplikasi
animasi yang atraktif,
baik untuk lingkungan
desktop maupun
Internet (web).
Seiring
perkembangannya, Adobe telah merilis
Flash dengan versi
terakhir
CS 4.
Namun demikian, untuk
kegiatan pelatihan ini
akan digunakan macromedia flash 8.
2. IDE Flash
Flash
menyediakan IDE (Integrated
Development Environment) atau
lingkungan
pengembangan terintegrasi yang
cukup lengkap. Di
lingkungan
inilah para developer Flash bekerja untuk
menghasilkan beragam aplikasi. Di
ini pula nantinya
kita akan bekerja
untuk menghasilkan objek-objek
dan
menambahkan animasi yang variatif.
Secara
default, Flash akan
menampilkan Start Page setiap kali
ia mulai
dijalankan. Tampilan Start Page berisi item yang
baru dibuka dan menu untuk
menciptakan projek baru.
Gambar 1 : Tampilan start page
macromedia flash 8
Untuk memulai
masuk ke
IDE utama, menu yang
dipilih adalah
Flash flash document di
bagian Create New.
Pilihan ini akan
memunculkan tampilan
IDE Flash beserta
komponen-komponen pendukungnya seperti terlihat pada Gambar 2.
PANEL
|
Menu bar
|
LAYER
|
Properties
|
Timeline
|
Tools Panel
|
STAGE
|
Gambar 2 : IDE flash
Tools panel
Bagian
dari macromedia flash 8 yang terdiri dari bermacam tool yang berfungsi membuat
gambar, memilih objek, dan memanipulasi objek yang merupakan komponen dari
stage. Terbagi menjadi 4 bagian
·
Tools
Merupakan bagian yang
berfungsi membuat objek gambar, memberi warna objek, memilih dan memodifikasi
objek
·
View
Bagian yang berfungsi
untuk mengatur tampilan stage. Tools view ini biasanya digunakan pada saat
pengeditan objek pada stage
·
Colors
Digunakan untuk
mengatur atau memanipulasi pewarnaan objek
·
Option
Merupakan bagian yang
akan tampil pada saat kita mengaktifkan salah satu ikon tools panel. Setiap
ikon tool panel memliki option yang berbeda dengan ikon lain.
Gambar
3 : Tools panel
Stage
Stage (atau biasa disebut area kerja) merupakan bidang
luas berwarna putih yang terletak di bagian tengah IDE. Bagian ini
nantinya akan digunakan untuk meletakkan
komponen-komponen animasi,
misalnya button.
Timeline
Timeline
berisi berbgai frame yang berfungsi untuk mengontrol objek yang akan
dianimasikan. Selain itu, timeline juga dapat digunakan untuk menentukan kapan
suatu objek ditampilkan. Timeline dibagi menjadi 3 bagian, antara lain :
·
Layer
Merupakan susunan atau
lapisan yang terdiri dari kumpulan objek atau komponen gambar, teks, atau
animasi. Urutan posisi layer akan mempengaruhi urutan tampilan objek yang akan
dianimasikan.
·
Frame
Merupakan bagian dari
macromedia flash 8 yang terdiri dari berbagai segmen yang akan dijalankan
secara bergantian dari kiri ke kanan.
·
Playhead
Merupakan penunjuk posisi frame
pada saat dijalankan. Playhead ditandai dengan garis vertical berwarna merah.
Properties
Window ini
memuat pengaturan-pengaturan umum,
filter, dan parameter-parameter terkait dokumen (stage)
dan komponen-komponen di dalamnya.
Panels
Berfungsi
mengontrol atau memodifikasi berbagai atribut pada objek atau animasi secara
cepat. Secara default panels terdiri dari 4 bagian, antara lain :
·
Properties
Berfungsi untuk
mengatur property objek yang aktif
·
Action
Berfungsi memberikan
aksi atau kerja terhadap suatu objek pada stage, frame, atau layer
·
Color
Berfungsi mengatur
pewarnaan terhadap suatu objek secara lebih detail
·
Library
Digunakan untuk
menyimpan objek yang telah dibuat pada stage.
2.
ALAT
DAN BAHAN :
a. Satu
buah PC/Laptop.
b. Software
macromedia flash8
c. Modul
praktikum.
3.
PROSEDUR
:
LATIHAN PRAKTIKUM
a.
Membuat
Bentuk Kurva Dasar
Animasi merupakan kumpulan objek yang memiliki
bentuk dan gerakan tertentu. Objek dasar yang menjadi komponen sebuah animasi
dapat berupa kurva dasar. Pada modul ini akan diuraikan cara membuat kurva
dasar menggunakan garis, kotak, dan oval
§ Membuat
objek garis
1. Buka
aplikasi macromedia flash 8, pada Create
New pilih Flash Document
2. Untuk
membuat sebuah kurva dasar bentuk garis lurus, gunakan icon
(line tool) pada tools panel. Arahkan pada stage, lalu
buat objek garis dengan teknik drag, untuk membuat garis yang benar-benar lurus
tekan tombol SHIFT bersamaan dengan
drag
Stroke height
|
Stroke color
|
3. Jika
ingin membuat sebuah objek yang terdiri dari beberapa garis lurus, bisa menggunakan
ikon
(pen tool) pada tools
panel. Caranya dengan meng-klik per titik. Untuk mengakhiri penggunaan ikon
ini, dobel klik untuk objek terbuka, atau klik pada titik pertama untuk objek
tertutup
Sebagai contoh kita akan membuat persegi panjang.
Usahakan mengklik pada titik keempat tepat pada titik pertama sehingga secara
otomatis akan terbentuk persegi panjang.
Jika ingin membuat garis yang melengkung, pada saat
mengklik titik, drag dan tarik titik tersebut sehingga membuat garis lengkung
sehingga akan membentuk kurva seperti dibawah ini :
LATIHAN 1
1. Buatlah
garis-garis seperti dibawah ini, untuk garis ke 2 sampai 4 ketebalan garisnya
12 point. Kemudian simpan dengan format : latihan1_nama_absen!
Tools apa yang
digunakan untuk membuat garis-garis diatas ?
2. Tools
apa yang digunakan untuk mengatur ketebalan garis ?
3. Tools
apa yang digunakan untuk merubah warna garis ?
4. Bagaimana
cara menyimpan dokumen pada macromedia flash 8?
5. Bagaimana
cara membuka dokumen pada macromedia flash 8?
§ Membuat
objek kotak
1. Untuk
membuat kotak, gunakan ikon
(rectangle tool) pada
tools panel, jika ingin membuar kotak yang sama sisi, gunakan tombol SHIFT
2. Jika
ingin membuat kotak dengan sudut yang tumpul, gunakan ikon
, kemudian atur corner radiusnya menjadi 30 point lalu klik ok
dan buatlah kotaknya.
LATIHAN 2
Setelah selesai
mengerjakan latihan 2 simpan dengan format : latihan2_nama_absen !
1. Buatlah
objek persegi panjang dan beri warna merah dengan garis tepi hitam, tools apa
yang digunakan untuk membuat objek persegi panjang?
2. Buatlah
objek oval dengan warna kuning dan garis tepi hitam dan objek lingkaran dengan
warna hijau dengan garis tepi hitam, tools apa yang digunakan untuk membuat
objek oval dan lingkaran?
3. Bagaimana
cara membuat lingkaran sempurna (tidak berbentuk oval) ?
4. Buatlah
objek segilima dan beri warna ungu dengan garis tepi hitam, tools apa yang
digunakan untuk membuat objek tersebut?
5. Buatlah
objek bintang (star) dan beri warna hitam dengan garis tepi hitam, bagaimana
cara membuat objek tersebut?
6. Tools
apa yang digunakan untuk merubah warna objek ?
7. Tools
apa yang digunakan untuk merubah warna garis tepi objek ?
semoga bermanfaat.. ^^
follow please : @delaneey_cullen
follow please : @delaneey_cullen
Komentar
Posting Komentar