holaaa..
kali ini aku mau bagi-bagi materi ajar yang lagi dipelajari di kelas..
cekidot.. :*

MODUL 1

TUJUAN :
1.      Memahami  lingkungan  terintegrasi untuk pembuatan  objek dan animasi  dasar.
2.      Memahami cara pembuatan dan manipulasi objek-objek dasar.

PETUNJUK :

·         Awali setiap aktivitas dengan do’a, semoga berkah dan mendapat kemudahan.
·         Pahami Tujuan, dasar teori, dan latihan-latihan praktikum dengan baik dan benar.
·         Kerjakan tugas-tugas dengan baik, sabar, dan jujur.
·         Tanyakan kepada asisten/dosen apabila ada hal-hal yang kurang jelas.
1.        DASAR TEORI :
1.  Adobe Flash
Adobe  Flash—sebelumnya  bernama Macromedia  Flash  dan  berganti  nama
setelah  dibeli  Adobe—merupakan  perangkat  lunak  yang  cukup  poptler  di
bidang  grafik  (khususnya  animasi).  Flash  mampu  menghasilkan  beragam
aplikasi  animasi  yang  atraktif,  baik  untuk  lingkungan  desktop  maupun
Internet (web).
Seiring  perkembangannya,  Adobe  telah merilis  Flash  dengan  versi  terakhir
CS  4. Namun  demikian,  untuk  kegiatan  pelatihan  ini  akan  digunakan  macromedia flash 8.
2.  IDE Flash
Flash  menyediakan  IDE  (Integrated  Development  Environment)  atau
lingkungan  pengembangan  terintegrasi  yang  cukup  lengkap.  Di  lingkungan
inilah para developer Flash bekerja untuk menghasilkan beragam aplikasi. Di
ini  pula  nantinya  kita  akan  bekerja  untuk  menghasilkan  objek-objek  dan
menambahkan animasi yang variatif.
Secara  default,  Flash  akan  menampilkan  Start  Page  setiap  kali  ia  mulai
dijalankan. Tampilan Start Page berisi item yang baru dibuka dan menu untuk
menciptakan projek baru.
Gambar 1 : Tampilan start page macromedia flash 8
Untuk memulai masuk  ke  IDE  utama, menu  yang  dipilih  adalah
Flash  flash document  di  bagian  Create  New.  Pilihan  ini  akan
memunculkan  tampilan  IDE  Flash  beserta  komponen-komponen pendukungnya seperti terlihat pada Gambar 2.

PANEL

Menu bar

LAYER

Properties

Timeline

Tools Panel

STAGE
Gambar 2 : IDE flash

Tools panel
Bagian dari macromedia flash 8 yang terdiri dari bermacam tool yang berfungsi membuat gambar, memilih objek, dan memanipulasi objek yang merupakan komponen dari stage. Terbagi menjadi 4 bagian
·         Tools
Merupakan bagian yang berfungsi membuat objek gambar, memberi warna objek, memilih dan memodifikasi objek
·         View
Bagian yang berfungsi untuk mengatur tampilan stage. Tools view ini biasanya digunakan pada saat pengeditan objek pada stage
·         Colors
Digunakan untuk mengatur atau memanipulasi pewarnaan objek
·         Option
Merupakan bagian yang akan tampil pada saat kita mengaktifkan salah satu ikon tools panel. Setiap ikon tool panel memliki option yang berbeda dengan ikon lain.
Gambar 3 : Tools panel
Stage
Stage  (atau biasa disebut  area kerja) merupakan  bidang  luas berwarna putih yang terletak di bagian tengah IDE. Bagian ini nantinya akan digunakan untuk meletakkan  komponen-komponen  animasi, misalnya  button.
Timeline
Timeline berisi berbgai frame yang berfungsi untuk mengontrol objek yang akan dianimasikan. Selain itu, timeline juga dapat digunakan untuk menentukan kapan suatu objek ditampilkan. Timeline dibagi menjadi 3 bagian, antara lain :
·         Layer
Merupakan susunan atau lapisan yang terdiri dari kumpulan objek atau komponen gambar, teks, atau animasi. Urutan posisi layer akan mempengaruhi urutan tampilan objek yang akan dianimasikan.
·         Frame
Merupakan bagian dari macromedia flash 8 yang terdiri dari berbagai segmen yang akan dijalankan secara bergantian dari kiri ke kanan.
·         Playhead
Merupakan penunjuk posisi frame pada saat dijalankan. Playhead ditandai dengan garis vertical berwarna merah.
Properties
Window  ini  memuat  pengaturan-pengaturan  umum,  filter,  dan  parameter-parameter terkait dokumen (stage) dan komponen-komponen di dalamnya.

Panels
Berfungsi mengontrol atau memodifikasi berbagai atribut pada objek atau animasi secara cepat. Secara default panels terdiri dari 4 bagian, antara lain :
·         Properties
Berfungsi untuk mengatur property objek yang aktif
·         Action
Berfungsi memberikan aksi atau kerja terhadap suatu objek pada stage, frame, atau layer
·         Color
Berfungsi mengatur pewarnaan terhadap suatu objek secara lebih detail
·         Library
Digunakan untuk menyimpan objek yang telah dibuat pada stage.

2.        ALAT DAN BAHAN :
a.       Satu buah PC/Laptop.
b.      Software macromedia flash8
c.       Modul praktikum.


3.        PROSEDUR :
*      LATIHAN PRAKTIKUM
a.      Membuat Bentuk Kurva Dasar
Animasi merupakan kumpulan objek yang memiliki bentuk dan gerakan tertentu. Objek dasar yang menjadi komponen sebuah animasi dapat berupa kurva dasar. Pada modul ini akan diuraikan cara membuat kurva dasar menggunakan garis, kotak, dan oval
§  Membuat objek garis
1.      Buka aplikasi macromedia flash 8, pada Create New pilih Flash Document
2.      Untuk membuat sebuah kurva dasar bentuk garis lurus, gunakan icon  (line tool) pada tools panel. Arahkan pada stage, lalu buat objek garis dengan teknik drag, untuk membuat garis yang benar-benar lurus tekan tombol SHIFT bersamaan dengan drag

Stroke height

Stroke color
 

3.      Jika ingin membuat sebuah objek yang terdiri dari beberapa garis lurus, bisa menggunakan ikon  (pen tool) pada tools panel. Caranya dengan meng-klik per titik. Untuk mengakhiri penggunaan ikon ini, dobel klik untuk objek terbuka, atau klik pada titik pertama untuk objek tertutup
Sebagai contoh kita akan membuat persegi panjang. Usahakan mengklik pada titik keempat tepat pada titik pertama sehingga secara otomatis akan terbentuk persegi panjang.
Jika ingin membuat garis yang melengkung, pada saat mengklik titik, drag dan tarik titik tersebut sehingga membuat garis lengkung sehingga akan membentuk kurva seperti dibawah ini :
LATIHAN 1
1.      Buatlah garis-garis seperti dibawah ini, untuk garis ke 2 sampai 4 ketebalan garisnya 12 point. Kemudian simpan dengan format : latihan1_nama_absen!
Tools apa yang digunakan untuk membuat garis-garis diatas ?
2.      Tools apa yang digunakan untuk mengatur ketebalan garis ?
3.      Tools apa yang digunakan untuk merubah warna garis ?
4.      Bagaimana cara menyimpan dokumen pada macromedia flash 8?
5.      Bagaimana cara membuka dokumen pada macromedia flash 8?

§  Membuat objek kotak
1.      Untuk membuat kotak, gunakan ikon
 (rectangle tool) pada tools panel, jika ingin membuar kotak yang sama sisi, gunakan tombol SHIFT
2.      Jika ingin membuat kotak dengan sudut yang tumpul, gunakan ikon , kemudian atur corner radiusnya menjadi 30 point lalu klik ok dan buatlah kotaknya.
LATIHAN 2
Setelah selesai mengerjakan latihan 2 simpan dengan format : latihan2_nama_absen !
1.      Buatlah objek persegi panjang dan beri warna merah dengan garis tepi hitam, tools apa yang digunakan untuk membuat objek persegi panjang?
2.      Buatlah objek oval dengan warna kuning dan garis tepi hitam dan objek lingkaran dengan warna hijau dengan garis tepi hitam, tools apa yang digunakan untuk membuat objek oval dan lingkaran?
3.      Bagaimana cara membuat lingkaran sempurna (tidak berbentuk oval) ?
4.      Buatlah objek segilima dan beri warna ungu dengan garis tepi hitam, tools apa yang digunakan untuk membuat objek tersebut?
5.      Buatlah objek bintang (star) dan beri warna hitam dengan garis tepi hitam, bagaimana cara membuat objek tersebut?
6.      Tools apa yang digunakan untuk merubah warna objek ?
7.      Tools apa yang digunakan untuk merubah warna garis tepi objek ?

semoga bermanfaat.. ^^
follow please : @delaneey_cullen



Komentar