“Karena Ku Cinta Kau” part 1


coba* bikin cerpen neh..
hope you like this! ;)
            Biarkan saja Tuhan berikan semua bahagiaku padamu. Sebagai balasannya, bolehkah aku minta seluruh kesedihanmu?? Kuingin kau rasakan semua bahagia yang harusnya kurasa. Yang harusnya ku miliki. Tapi, biarkan aku rasakan semua kesedihan yang harusnya kau cecap.
           
Ini hanya cerita yang ingin aku share … :)
Sore itu langit mendung. Sementara ponsel gue terus-terus berdering. Entah, gue nggak tau kapan suara berisik itu bakal berhenti. Tapi yang gue tau, gue nggak mau nyentuh ponsel gue. Biarin aja Mien kesel nelpon gue. Biarin juga Bryan capek sms-sms gue. Gue tadi udah bilang. Gue lagi males latihan basket. Bukan karena langit yang lagi gak bisa diajak kompromi, tapi gue males ketemu sama anak X-1 yang namanya Claudia itu.
Claudia. Dia itu mantan gue waktu gue masih di SMP. Waktu itu gue pacaran sama dia hampir setaunan. Kita putus. Setelah itu gue pacaran sama cinta pertama gue. Kirana. Gue tau betapa sakitnya jadi Claudia. Tapi lebih sakit lagi, kalo’ gue terus-terusan jadiin dia pelarian gue. Yang paling gue nggak percaya, dia masuk di SMA yang sama kayak gue. Tapi untung aja sekarang gue udah kelas XII-3. Bentar lagi lulus. Jadi gue nggak perlu lama-lama barengan sama dia.
            “Vin, kemaren hape lo kok nggak aktif sih? Gue susah-susah nelpon lo, tapi bolak-balik yang ngangkat cewek(mailbox) mulu..”
            “salah lo sendiri. Eh, Mien, kemaren gue kan udah bilang, gue nggak mood latian basket! Lo tau sendiri kan, jum’at sore tuh si Claudy latihan dance di sekolah. Gue nggak mau ketemu dia!!”
            “kemaren Rana nyariin lo ke sekolah!” tiba-tiba aja Bryan dateng.
            “hah? Ngapain?”
            “nyariin lo lah? Apa lagi coba?”
            Damn!! Ini semua gara-gara si Claudy!!
            “dia ngomong apa ke lo?”
            “titip salam aja. Tapi lo tau nggak, kemaren Rana pulang basah kuyub loh!”
            “…” Rana pulang ujan-ujanan?! Gue jadi ngerasa nggak enak banget sama Rana. Akhirnya gue sms dia.
            to        : Rana
           
na, maaf ya. Kemaren gue nggak tau kalo’ lo ke sekolah. Lo nggak papa kan?
            From   : Rana
            aku gapapa kok, Vin. Kemaren aku khawatir aja sama kamu. Kamu baik-baik aja kan?
            To        : Rana
            gue tuh yang harusnya khawatir sama lo. Kenapa kemaren lo nggak sms gue aja sih? Biar gue anterin lo pulang?!
            From   : Rana
           
kemarin kan Mien sama Bryan udah coba ngehubungin kamu. Tapi kayaknya nomer kamu nggak aktif. :) aku nggak papa kok. Kemaren aku pulang bareng Itha…
Pagi ini gue bete banget. Pelajaran pertama bahasa inggris. Dari dulu gue tuh nggak suka bahasa inggris. Apa lagi alasannya, kalo’ nggak gara-gara lidah gue yang nggak bisa keminggris?! Ugh..
            “Mien, ke kantin yuk!”
            “gila lo? Kalo’ miss Yuni tau gimana? Lo mau kena skor?”
            “Davin, Mien.. silent please..” damn! Miss Yuni ternyata dari tadi perhatiin gue sama Mien. Gue pikir orang itu udah serius corat-coret di whiteboard tentang perfect past tense! Eh, sekarang tuh orang malah ngelirik sinis ke gue! Ugh…
            “udah deh, kita pura-pura ke toilet aja! Gue bête banget tau!!”
            “okelah..”
Dan akhirnya gue maju ke depan..
            “may I go to the toilet with Mien, miss??”
            “yes please. But, just a minute!”
            “sip miss!” Mien meninju bahu gue. Ngingetin gue, kalo’ gue lagi salah ngomong. “ups, Thanks Miss…”
Cabooootttt!!!!!
Cepet-cepet gue keluar dari neraka yang dianggep surga buat Vina, pacar si Miens.
Waktu itu gue jalan ngelewati koridor. Waktu di tikungan, gue nggak sengaja nabrak cewek.
            “sorry, gue gak liat lo..”
            “gak papa kok kak,” cewek itu mendongak sambil senyum manis—senyum yang dari dulu sampe’ sekarang nggak pernah gue lupa. Dan, betapa kagetnya gue, waktu gue tau kalo’ itu Claudy!!! Gue langsung buang muka. Cepet-cepet gue pergi dari situ. Ugh.. damn!!!
Gue nggak nge-respect Claudy yang masih perhatiin kepergian gue. Gue tau, dia masih sayang sama gue. Tapi gue? Sayang gue, cinta gue, itu cuma buat Rana!!
            “lo tau nggak? Dari tadi gue apes mulu! Heran deh, semalem prasaan gue mimpiin Rana, tapi kok paginya gue malah kena apes gini sih?”
            “lo lupa berdo’a kali!!” ejek Mien sambil cengar-cengir.
            “enak aja lo!!! Pak, Es tehnya dua ya!”
Tiba-tiba muncul suara kuntilanak yang lagi batuk-batuk.
            “eheemm…”
Dan waktu gue nengok, ternyata beneran! Bu Yuni udah berdiri sambil bawa penggaris di belakang gue. Sialaaannn!!
            “ngapain kalian disini?”
            “a..anuu..mau beli es..eh, maksudnya, mau tuker uang! i..iya.. tuker uang. Ya kan Mien?”
            “ii..iya Miss” gue sama Mien sama-sama gelagapan.
            “pokoknya besok, kalian temui saya di perpus!”
Tuh, kan, gue apes lagi. Gue nggak tau kenapa, tai semenjak Claudy sekolah disini, gue jadi apes mulu! Biarin dah! Pokoknya nanti gak boleh ada ke-apes-an lagi!

            “lo yakin nggak pulang bareng gue?”
            “nggak Mien. Gue mau ketemuan sama Rana. Lo duluan aja. Gue nggak enak sama Vina!”
            “yaudah” motor Mien melesat meninggalkan tempat parkir.
Gue langsung nyalain motor gue. Waktu gue lewat di tikungan gue jatuh dari motor. Untung aja disitu sepi. Gue langsung bangun. Tapi sayang banget, celana gue robek. Siku gue juga berdarah. Damn again!!! Hari apa sih ini!!
Dari jauh, gue liat seorang cewek lari ke gue.
            “kakak nggak papa?” yaampun! Itu si Claudy!
Gue nggak jawab, dan berusaha nyingkirin tangannya yang mau bantu gue berdiri.
            “lo nggak usah sok baik sama gue!! Gue bisa sendiri!!” tapi nyatanya gue nggak bisa berdiri. Gue duduk di pinggir trotoar. Sedangkan si Claudy malah sibuk ngobrak-abrik tasnya.
            “aku bersihin dulu ya..” nada ngomongnya tulus. Bikin gue nggak bisa nolak.
Akhirnya plaster coklat nutupin luka di siku sama lutut gue. Gue bingung, kenapa dia masih baik sama gue, padahal gue dulu udah jahat banget sama dia. Ah, biarin aja lah. Gue sekarang kan ada janji sama Rana. Gue langsung berdiri tanpa bilang makasih atau sepatah kata pun sama Claudy. Tapi dia malah tersenyum. Senyum yang dari dulu jadi favorit gue, selain senyumnya Rana.
            “lain kali ati-ati ya kak!” gue nggak mau peduliin dia lagi. Gue langsung nyambar motor yang sedari tadi tergeletak di tengah jalan.

Aku sama Rana janjian di café Biru. Dari dulu sampek sekarang, tempat itu jadi tempat favorit gue sama Rana. Di tempat itu juga gue nembak Rana. Ah, banyak banget kenangan gue sama Rana disini.
Rana khawatir banget. Waktu tau kalo siku sama lutut gue udah tembelan plaster. Tapi gue berhasil nenangin dia. Dan bilang kalo’ tadi gue cuma jatuh biasa aja.
Pagi ini waktu istirahat, gue harus ngehabisin waktu di perpus buat ngerjain tugas dari Miss Yuni. Bête deh!! Udah gitu Mien malah asyik-asyikan smsan sama Vina!
            “eh, lo coba ngerjain satu soal aja deh!! Bantuin gue nehh!!” gerutu gue sambil ngelirik sinis ke arah Mien.
            “eh, iya.. bentar! Lo kerjain aja nomer 1 sampek 20. Kan gampang tuh! Ntar nomer 21 sampek 25nya gue yang ngerjain!!” jawab Mien. Tapi sesudahnya dia balik natap layar Experia-nya.
            “terserah lo aja deh! Dasar! Maunya..” akhirnya gue jadi sewot. Gue bingung sendiri. Gimana cara ngerjain nih soal? Nggak taunya, ditengah-tengah kebingungan gue, si Claudy muncul kayak jelangkung!!
            “kak, udah baikan kan? Oh iya, ini aku bawain makan siang buat kakak. Kakak pasti belum makan” Claudy menyodorkan kotak bekal warna biru ke depan gue.
            “apaan siih lo?! Nggak liat ya, gue agi sibuk ngerjain tugas?!! Ngapain sih lo malah ngganggu gue?!!”
            “ngh.. aku nggak maksud ngganggu kakak kok.. aku cuma mau tanya keadaan kakak aja..” raut Claudy jadi mendung mendadak.
            “gue gak papa!” jawab gue kasar. Sementara Claudy cuma diam. Rasanya ada perasaan bersalah. Apalagi waktu liat rautnya yang sedih. Tapi sebelum gue minta maaf, dia udah pergi duluan. Ternyata dia bawain gue nasi goreng sama telur dadar yang dihias pake’ brokoli sama wortel. Gue cuma makan satu sendok. Rasanya emang enak, tapi gue jaim aja. Jadi, sisanya Mien yang urus.
Nggak kerasa, sekarang udah mau ujian Nasional. Dan tentang Caudy, dia masih aja care sama gue. Walaupun setiap dia nunjukin perhatiannya, gue selalu bales dengan kata-kata kasar. Tapi kayaknya dia udah kebal sama semua omongan gue. Kadang gue bingung, kenapa Tuhan ciptain makhluk semacem dia, kalo’ cuma buat gue sakiti??
Semalem gue merenung sendiri. Gimana kalo’ gue ngomong aja ya ke Claudy?? Gue mau bilang, kenapa dia nggak berusaha lupain gue aja. Dan berhenti peduli sama gue. Tapi, gue takut malah nyakiti dia.. :(
Gue beraniin buat ngomong ke dia. Toh ini juga buat kebaikannya dia. Gue nggak mau seolah-olah gue  ngasih dia harapan kosong. Akhirnya setelah gue nunggu dia 15 menit di tepi danau, dia dateng.
            “emm,, kak. Ada apa ya, kok tiba-tiba ngajak ketemuan disini?”
            “lo masih inget tempat ini?”
            “ya iyalah kak! Ini kan tempat favorit kita. Ehmm.. maksudku tempat favorit kita dulu..”
            “Dy, gue mau ngomong sesuatu. Gue takut, kalo’ nanti gue nggak punya kesempatan buat ngomongin hal ini ke lo.”
            “ngomong aja kak..”
            “lo masih sayang sama gue??”
            “kok kakak nanya gitu? Jujur ya, aku nggak bisa ngilangin perasaanku ke kakak selama ini..” Claudy pun menitikkan air mata.
            “Claudy, lebih baik lo lupain aja gue. Gue udah nggak sayang sama lo. Dan lo juga tau, gue udah punya Rana..”
            “aku tau kak… tapi nyatanya aku tetep nggak bisa buang perasaan itu…” ucap Claudy sambil terisak. Rasanya hati gue sakiiit banget. Apa mungkin ini karma??
            “kak, aku nggak peduli siapa yang kakak sayang, aku juga nggak peduli siapa aku di hati kakak.. tapi aku tetep sayang sama kakak..”
            “lupain gue Claudy!!” gue nggak bisa menahan sakit yang lama-lama makin perih. Dan gue putusin ninggalin dia sendiri.
            “enggaaakk!! Aku nggak bisa!!” teriak Claudy dari belakang gue. Teriakan Claudy bikin gue akhirnya berhenti. Claudy lari ngejar gue dan meluk punggung gue.
            “lepasin gue, Claudy” ucap gue melunak.
            “aku sayang kamu, Vin” dia menangis di punggung gue.
            “lo pasti bisa lupain gue kok…” akhirnya Claudy ngelepas pelukannya.
Semenjak kejadian itu, Claudy udah nggak pernah deketin gue lagi. Setiap gue ketemu dia, wajahnya selalu aja murung. Dan dia sering buang muka waktu lewat di depan gue. Anehnya, harusnya gue ngerasa bahagia karena dia udah ngilang dari hidup gue, tapi, nyatanya gue malah semakin kepikiran terus.
Hari demi hari gue laluin. Gue coba hapus bayangan Claudy. Gue habisin waktu gue sama Rana. Tapi, entah kenapa, hidup gue nggak lengkap semenjak kepergian si Claudy. Ya Tuhaan.. sebenarnya scenario apa yang sedang Kau buat??
Akhirnya setelah sekian lama gue pacaran sama Rana, gue milih buat mutusin Rana. Karena selama ini dia nggak bisa bikin gue ngelupain si Claudy. Gue milih buat ngajak balikan Claudy. Gue takut gue bakal kehilangan dia buat ke sekian kalinya. Dan hari ini gue putusin buat pergi ke rumahnya.
Tapi, waktu gue dateng ke rumahnya, rumah Claudy udah sepi. Kata satpam penjaga kompleks, keluarganya Claudy udah pindah ke Bandung seminggu yang lalu. Dan si satpam nggak tau alamat rumahnya yang baru. Rasanya sakiitt banget. Kenapa gue harus dateng terlambat?
Hari demi hari gue lalui. Tanpa kekasih pengganti. Karena menurut gue, gak ada yang bisa gantiin Claudy. Sekarang gue cuma bisa menyesali perbuatan gue ke Claudy selama ini. Perbuatan gue yang udah nyia-nyiain dia. Apalah daya, semua udah berlalu dan nggak bisa diputar lagi. Mungkin ini lah yang dirasain Claudy dulu. Gue berharap masih ad ague di hati Claudy. Tapi gue nggak bisa terlalu berharap. Karena gue sadar, gue udah terlalu nyakiti Claudy. Sekarang, gue cuma bisa berdo’a, semoga Allah mempertemukan gue sama Claudy. Kalo’ emang gue jodoh sama dia.. :’)
***

Komentar